ads

Ads

ads

Tuesday, August 15, 2017

Aroma Jengkol dan Manfaatnya


Jengkol dikenal dengan baunya. Baunya keluar dari mulut, saat BAK dan BAB.
Ahhh, kalo ada orang makan jengkol di rumah, pasti aroma baunya tak hilang 1 minggu. Hehehehehe
Pasti pada pengalaman kan.
Tapi, Jengkol ada manfaatnya loh. Ingin tau?
Ini dia manfaat-manfaat jengkol.


Manfaat Jengkol

1. Menghancurkan Radikal Bebas

Jengkol mengandung beberapa vitamin seperti vitamin C, vitamin B2, vitamin B1 dan vitamin A. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan dapat meningkatkan ketajaman visual. Vitamin A dan Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan dikenal perannya dalam menangkal radikal bebas penyebab kanker.

2. Mencegah Anemia

Jengkol kaya akan zat besi, dimana zat besi penting untuk mencegah dan mengatasi kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Efek yang terjadi bila kekurangan zat besi adalah mudah lelah dan tampak lemah serta tidak bahagia.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan fosfor dan kalsium pada jengkol sangat baik untuk kesehatan tulang. Kedua zat ini mampu mencegah seseorang dari terkena osteoporosis (tulang rapuh). Konsumsi jengkol dalam jumlah tepat akan membuat tulang Anda lebih kuat.

4. Pembentukan Jaringan Tubuh 

Protein yang melimpah yang terdapat pada jengkol mampu membantu pembentukan jaringan tubuh.

5. Mengurangi Berat Badan
Serat yang tinggi yang terdapat pada buah jengkol dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengikat lemak-lemak yang terdapat di dinding usus.

6. Mencegah Diabetes

Di dalam jengkol terdapat zat yang tidak ditemukan di buah atau sayuran lainnya. Nama zat ini adalah asam jengkolat. Asam jengkolat ini berupa kristal-kristal yang tidak dapat larut oleh air. Karena bersifat diuretik,jengkol tidak dianjurkan untuk mereka yang menderita penyakit gangguan ginjal.

7. Menstabilkan Organ Vital Dalam Tubuh

Asam folat dan vitamin B6 yang terdapat pada jengkol mampu menstabilkan organ-organ vital dalam tubuh.

Konsumsi secukupnya ya agar bisa mendapat manfaat yang maksimal dari makanan ini. Karena apapun yang berlebihan dapat menyebabkan hal yang tidak diinginkan.
Sama halnya bila kita konsumsi jengkol. Konsumsi jengkol berlebihan dapat menyebabkan :

Efek Samping

1. Menimbulkan Bau
Yang pertama dan paling jelas efek dari makan jengkol ini adalah baunya. Bau nya tidak hanya menempel di mulut saja namun juga menempel pada urine. Itu mungkin alasan kenapa orang-orang jarang konsumsi jengkol ketika berada di luar ruangan.

Tapi tidak perlu khawatir, berikut ada beberapa tips untuk menghilangkan bau jengkol :
- Masukan irisan dau jeruk ketika merebus jengkol, atau
- Rendam jengkol dalam air kapur satu hari sebelum hendak di masak.

Untuk menghilangkan bau mulut,kalian bisa makan timun setelah makan jengkol atau minum satu sendok makan kecap manis.

2. Menyebabkan Jengkolan
Jika di konsumsi dalam jumlah yang tepat, asam jengkolat memang baik bagi tubuh. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, asam jengkolat ini bisa berbahaya bagi tubuh. Konsumsi jengkol berlebihan dapat menyebabkan jengkolan.
Istilah yang digunakan untuk menyebut efek samping dari asam jengkolat. Penyakit jengkolan diawali dengan rasa sakit di pinggang, lebih lanjut penderita jengkolan akan mengalami susah buang air kecil. Kalau pun bisa, itu keluarnya sedikit-sedikit dan agak sakit.

Untuk menghindarinya : makanlah jengkol secukupnya dan perbanyak minum air putih.

Kandungan Jengkol

per 100g jengkol mengandung : Ptotein 23.3 g, Energi 133 kcal, karbohidrat 20.7 g, Vitamin A 240 (SI) , Vitamin B 0.7 mg, Vitamin C 80 mg, Fosfor 166.7 mg, kalsium 140mg, zat besi 4.7 mg, air 49.5 g.

No comments:

LightBlog
LightBlog