ads

Ads

ads

Friday, October 2, 2020

Asumsi vs Hikmat


 Asumsi vs Hikmat.

Tingkat pemahaman yang paling rendah itu namanya ASUMSI. Menurut KBBI

asum·si- dugaan yang diterima sebagai dasar; 2 landasan berpikir karena dianggap benar; meng·a·sum·si·kan  menduga; memperkirakan; memperhitungkan; meramalkan.

Banyak masalah terjadi dalam kehidupan orang, pribadi, keluarga, gereja, masyarakat karena mereka meletakan pemahaman mereka kepada ASUMSI.

Saya sudah melihat begitu banyak pribadi, keluarga hancur hanya karena asumsi asumsi yang muncul. Banyak orang tidak bertumbuh secara rohani karena pemikirannya banyak dikuasai oleh yang namanya asumsi asumsi atau praduga praduga bukan kebenaran.

Saya berdoa kiranya hari hari ini di tengah tengah situasi yang sedang terjadi kita perlu membangun diri kita bukan di atas asumsi atau praduga praduga yang justru dapat menyesatkan pikiran dan perasaan kita.

Ibllis selalu bekerja dengan yang namanya tipuan dan tipuan terbesarnya dibangun justru lewat yang namanya ASUMSI, praduga, perkiraan, berpikir benar, dipeŕkiraakan ya padahal tidak sama sekali.

Asumsi membuat kita selalu merasa paling benar, paling tahu dan asumsi mengarahkan kita kita justru menjadi orang yang BODOH. Perhatikan beberapa ayat dari kitab amsal ini.


Amsal 12:15

Jalan orang bodoh lurus dalam anggapannya sendiri, tetapi siapa mendengarkan nasihat, ia bijak. 


Amsal 16:2

Segala jalan orang adalah bersih menurut pandangannya sendiri, tetapi TUHANlah yang menguji hati. 


Amsal 21:2

Setiap jalan orang adalah lurus menurut pandangannya sendiri, tetapi TUHANlah yang menguji hati. 


Orang peŕcaya atau orang yang bijak dia tidak berjalan ganya berdasarkan  asumsi ataupun pengetahun semata. Tetapi perjalanan orang percaya seharusnya beŕjalan berdasarkan hikmat. 

Hikmat adalah kita berjalan berdasarkan kebenaran yang kita kètahui. Yesus berkata orang yang mendengar firman dan melakukan atau mempraktekannya dia adalah orangbyang bijak.

 Hikmat adalah pemahaman yang kita ketahui bukan berdasarkan praduga/asumsi atau sekedar hanya dari informasi yang membuat kita tahu. 

Hikmat adalah pengetahun yg kita dapat berdasarkan praktek kebenaran kita bileh saja tahu tentang PENGAMPUNAN tetapi kita tidak benar benar tahu tentang pengampunan itu sendiri sampai kita benar benar praktekan kebenaran pengampunan itu. Dan hikmat adalah tingkat level tertinggi dari Pengetahuan.

Amsal 3:5-7 (TB)  Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. 

Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. 

Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan; 


Inilah waktunya kita berjalan dengan Hikmat Tuhan, jangan anggap diri kita sendiri pintar dan bijak, jangan bersandar pada pengertian sendiri, tetapi berjalanlah dengan bersandar dan mempraktekan kebenaran Firman.

Waktu menjadi orang yang berhikmat.


Salam dan mimpi perubahan.

Ps.Dion Ponomban.


Sumber :

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10219086415575545&id=1360742109

No comments:

LightBlog
LightBlog